Minggu, 31 Oktober 2010

E-COMMERCE

2. E-commerce atau bisa disebut Perdagangan elektronik atau e-dagang adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

2.1 Perdagangan melalui jaringan elektronik
Perdagangan melalui jaringan elektronik adalah sebagai pengguna komputer untuk memudahkan semua operasi perusahaan,ada 2 operasi yaitu:
  • -Internal : ke-5 bidang fungsional yakni keuangan, SDM, manufaktur, jasa informasi, dan pemasaran.
  • -Eksternal : berhubungan dengan ke-8 elemen lingkungan,yaitu pelanggan,pemasok,pemegang saham dan pemilik,serikat pekerja,pemerintah,masyarakat keuangan,masyarakat global dan pesaing.
Tujuan dari penggunaan teknologi informasi dalam perdagangan melalui jaringan elektronik adalah tercapainya keunggulan yang kompetitif.
-Manfaat perdagangan melalui jaringan elektronik
Ada 3 manfaat yang ada pada perdagangan melalui jaringan elektronik :

  1. Pelayanan pelanggan meningkat
  2. Hubungan dengan pemasok dan masyarakat keuangan meningkat.
  3. Pengembalian atas investasi pemegang saham dan pemilik yang meningkat.
-Kendala perdagangan melalui jaringan elektronik
Tidak semua perusahaan ikut dalam perdagangan melalui jaringan elektronik.Hal tersebut
Dilakukan atas dasar kehati-hatian perusahaan,dengan kendala sebagai berikut :
  1. Biaya tinggi.
  2. Masalah keamanan.
  3. Pernagkat lunak yang belum tersedia.
Bila manfaat yang melebihi kendala yang ada dan memutuskan untuk melangkah.Langkah utamanya adalah dengan melakukan pemilihan strategi,metodologi dan teknologi yang terbaik.

-Jalan menuju perdagangan melalui jalur elektronik.
Rencana bisnis strategis untuk mewujudkan komitmen untuk menggunakan perdagangan melalui jaringan elektronik untuk mencapai keunggulan strategis. Perusahaan pertama-tama mengumpulkan intelijen bisnis sehingga dapat memahami peran potensial yang akan dimainkan tiap elemen lingkungan. Saat perusahaan-perusahaan saling berinteraksi, langkah selanjutnya adalah membentuk suatu system antar organisasi (IOS) melalui pertukaran data elektronik (EDI) atau suatu ekstranet.
Ekstranet adalah suatu jenis khusus system internet yang menggunakan browser halaman Web dan server web standar, seperti system internet tradisional, tetapi sejumlah kecil entitas luar yang dipercaya diberikan akses ke data dan aplikasi sensitive milik perusahaan. IOS dicapai dengan mengikuti siklus hidup system atau melakukan rancang ulang proses bisnis (BPR). Hasilnya adlah system berorientasi jaringan yang menggunakan sambungan langsung, jaringan bernilai tambah, internet, atau kombinasinya.

2.2 Strategi perdagangan melalui jaringan elektronik.
Strategi melalui jaringan elektronik yang terbaik adalah strategi yang elemen-elemennya dikaitkan dengan transmisi data elektronik

2.3 Sistem Antar Organisasi (IOS)
Sistem antar organisasi kadang kala disebut sebagai system informasi antar organisasi, yaitu suatu kombinasi perusahhan-perusahaan yang terkait sehingga mereka berfungsi sebagai satu sistem tunggal yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.

-Manfaat IOS
  • •Efisiensi Komparatif, mitra dagang dapat menyediakan barang dan jasa mereka dengan biaya yang lebih murah daripada pesaing mereka.
  • Efisiensi internal terdiri dari perbaikan-perbaikan dalam operasi perusahaan itu sendiri sehingga memungkinkan perusahaan untuk mengumpulkan data lebih cepat, menganalisisnya lebih cepat, dan membuat keputusan yang lebih cepat.
  • Efisiensi antar organisasi mencakup perbaikan-perbaikan yang diperoleh melalui kerjasama dengan perusahaan-perusahaan lain.
 2.4 Pertukaran Data Elektronik
Pertukaran data elektronik adalah proses transmisi data dalam bentuk yang terstruktur dan dapat di baca secara langsung dari komputer ke komputer diantara beberapa perusahaan.

-Hubungan EDI yang umum
Membentuk kaitan antar perusahaan dengan pemasok dan pelanggannya.

-Standar EDI
Format standar memungkinkan para mitra bisnis bertukar data tetapi memerlukan  suatu proses translasi data sebelum mengirim dan setelah menerima.

-Tingkat penerapan EDI
Para mitra bisnis dapat dapat menerapkan dalam berbagai tingkatan.tingkatan yang di maksud
Terbagi 3 :
  • Tingkat satu : hanya satu atau dua set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra bisnis yang terbatas .
  • Tingkat dua : banyak set transaksi yang di transmisikan ke sejumlah besar mitra bisnis.
  • Tingkat tiga : banyak set transaksi yang di transmisikan ke sejumlah besar mitra bisnis dan juga aplikasi computer perusahaan dissesuaikan dengan pendekatan EDI.
 -Manfaat EDI
Manfaatnya yaitu :
  • Mengurangi kesalahan
  • Mengurangi biaya
  • Meningkatkan efisiensi operasional
  • Meningkatkan kemampuan bersaing
  • Meningkatkan hubungan dengan mitra dagang
  • Meningkatkan pelayanan pelanggan
 2.5 Teknologi perdagangan melalui jaringan elektronik
Pilihan Teknologi :
1. Sambungan Langsung (direct connectivity), bekerja sama dengan penyedia jasa telekomunikasi
2. Jaringan Bernilai Tambah ( value-added network), jaringan ini disediakan oleh penjual yang bukan hanya menyediakan sirkuit tetapi juga menyediakan banyak jasa yang diperlukan untuk menggunakan sirkuit itu bagi EDI.
3. Internet, memungkinkan suatu jaringan komunikasi global yang tidak hanya menghubungkan para mitra dagang tetapi juga mencakup para pelanggan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar